Zero Downtime Database Upgrade Using Oracle GoldenGate

Executive Overview

Memperkecil waktu downtime database menimbulkan tantangan yang signifikan bagi organisasi TI yang perlu meng-upgrade atau memigrasi database dari versi lama ke versi terbaru. Saat ini perusahaan semakin mengharapkan ketersediaan layanan online tanpa gangguan karena pemadaman aplikasi dapat berdampak pada pendapatan dan reputasi bisnis.
Paper ini akan menjelaskan bagaimana organisasi dapat melakukan upgrade atau migrasi dari Oracle Database 8i, melalui Oracle Database 11g ke Oracle Database 12c tanpa downtime. Menggunakan integrasi data dan kemampuan replikasi Oracle GoldenGate, organisasi dapat melakukanrolling upgrades, membuat database kloning untuk memindahkan instansiasi, menjaga transaksi tetap sinkron di seluruh database, dan mengelola migrasi dan upgrade sebagian atau bertahap. Oracle GoldenGate dapat digunakan untuk mengurangi downtime untuk berbagai jenis migrasi dan upgrade, termasuk upgrade aplikasi, upgrade database, switching storageatauhardware infrastructures, dan bahkan perubahan format endian; Namun fokus dari tulisan ini adalah mengupgrade database.

Introduction to Oracle GoldenGate 12c

Tujuan utama dari paper ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan sebuah solusi yang dapat menghilangkan downtime database selama pemadaman yang direncanakan untuk peningkatan versi dan migrasi database.
Solusi Oracle GoldenGate yang disajikan di sini memanfaatkan sinkronisasi real-time; kloning database; rolling upgrade; dalam beberapa kasus, tablespace transportable dan cross-platform transportable; dan failback. Setiap usaha yang dilakukan untuk menghindari overhead pada primary database demi memastikan ketersediaan aplikasi.
Tujuan sekunder dari paper ini adalah untuk menjelaskan bagaimana meminimalkan waktu yang diperlukan untuk melakukan keseluruhan upgrade.Kuncinya di sini, seperti yang akan dijelaskan, adalah menguraikan / membagibeban kerja ke database kloning tambahan.
Pada dokumen ini, database utama disebut sebagai source dan salinan sekunder sebagai database target.

Database Upgrade Options

Upgrade database meningkatkan nomor rilis perangkat lunak Oracle Database dari satu versi ke versi lainnya.Ada dua cara utama untuk melakukan upgrade.

  • In-place upgrade.

Membuat database tidak dapat diakses untuk aplikasi bisnis saat database sedang ditingkatkan versinya.Prosedur ini memerlukan skrip upgrade, mengkompilasi ulang PL / SQL yang tidak valid, dan waktu downtime yang biasanya tidak dapat diterima di sebagian besar lingkungan mission-critical.

  • Rolling upgrade.

Istilah rolling upgrade mengacu pada upgrade database yang berbeda atau berbeda instances dari database yang sama, seperti di lingkungan Oracle Real Application Clusters (Oracle RAC), satu per satu, tanpa menghentikan database.Rolling upgradeterdiri dari langkah-langkah berikut:

  1. The application points to the production database running software version VOLD.
  2. A secondary logical database copy is constructed running software version VOLD.
  3. The secondary database copy is upgraded to the next database version VNEW.
  4. The secondary and primary databases are synchronized.
  5. The primary database is shut down.
  6. The application is pointed to the secondary database.
  7. The primary database is kept in the same version VOLD for failback reasons.

Achieving Zero-Downtime with Oracle GoldenGate

In-place upgradesmemerlukan downtime aplikasi, yang sangat sulit dilakukan di lingkungan aplikasi mission-critical dan memiliki demand high-availability.Oleh karena itu, dokumen ini hanya berfokus padarolling upgrades.

Dengan menggunakan Oracle GoldenGate bersamaan dengan fitur Oracle Database, rolling upgradedapat dilakukan tanpa downtime aplikasi (ataupun dalam waktu yang sangat minimal, biasanya kurang dari satu menit dan dalam kebanyakan kasus).

Dengan menggunakan teknologi heterogeneous data movement, Oracle GoldenGate meminimalkan downtime database untuk upgrade atau migrasi dari satu versi Oracle ke Oracle lainnya, termasuk arsitektur multitenant baru Oracle 12c.Oracle GoldenGate disiapkan untuk replikasi dua arah antara lingkungan lama dan baru dan kedua sistem mendukung aplikasi dalam pemrosesan transaksi.

Upgrading to Oracle Database 12c using Oracle GoldenGate consists of the following high-level steps: 

  1. Set up a standby database running the previous database software version using an existing database backup.
  2. Upgrade the standby database to Oracle Database 12c.
  3. Synchronize the standby database with the production database.
  4. Test in active/live mode.
  5. Switch over the application to the standby database.
  6. Upgrade the primary database to Oracle Database 12c after comprehensive application testing at standby.

Overview of Oracle GoldenGate Architecture

GoldenGate memungkinkan kita untuk mengekstrak dan mereplikasi data di berbagai topologi seperti yang ditunjukkan diagram di bawah ini serta pertukaran dan manipulasi data pada tingkat transaksional antara berbagai platform database seperti Oracle, DB2, SQL Server, Ingres, MySQL dll.

Golden Gate dapat mendukung sejumlah kebutuhan bisnis yang berbeda seperti:

  • Business Continuity and High Availablity
  • Data migrations and upgrades
  • Decision Support Systems and Data Warehousing

Data integration and consolidation

Berikut konfigurasi Oracle Golden Gate:

No Comments

Leave a Comment