Database Integrator Solutions

It’s not the amount of data that’s important. It’s what we can do with the data that matters.

D

Database Integration Solutions merupakan solusi yang kami hadirkan karena tidak ada teknologi tanpa koneksi dan integrasi satu sama lain. Dasa dapat memberikan service pada database integration solutions  meliputi:

  • Extract Transform Load (ETL)

Extract Transform Load (ETL) adalah proses integrasi data yang menggabungkan data dari berbagai sumber ke dalam satu penyimpanan yang konsisten dan dimuat ke dalam warehouse atau sistem lainnya.

Singkatnya sistem ETL adalah dasar dari pengolahan data, khususnya di bidang big data. 

Ada tiga langkah yang bisa dilakukan untuk menyusun proses ETL dan membuat data terintegrasi dari sumber ke tujuan. 

    1. Langkah 1: Ekstraksi Data

Data yang berasal dari berbagai sumber perlu dianalisis menggunakan analisis yang digunakan untuk membuat business intelligence. Namun, ada juga bisnis yang hanya bergantung pada satu jenis data atau sistem. Jika ingin membuat strategi suatu data yang kompleks berfungsi, harus menggunakan data yang bisa bergerak bebas di antara sistem dan aplikasi. 

Data tersebut harus diekstrak terlebih dahulu dari sumbernya sebelum nantinya dipindahkan ke tempat yang lain. Oleh karena itu, pada langkah pertama proses ETL ini, data terstruktur dan tidak terstruktur diimpor dan dikonsolidasikan ke dalam satu wadah penyimpanan. 

    1. Langkah 2: Transform

Setelah tahap ekstraksi, data perlu dipindahkan ke sistem perantara untuk diproses lebih lanjut. Transformasi ETL merupakan pembersihan dan mempersiapkan agregasi untuk analisis. Langkah ini membantu memastikan data yang akan diolah sepenuhnya siap dan kompatibel.

Adapun proses transformasi ETL terbagi menjadi beberapa proses sebagai berikut:

  • Pembersihan: melakukan pembersihan terhadap data yang tidak konsisten
  • Standardisasi: memasang aturan pemformatan ke kumpulan data.
  • Deduplikasi: Melakukan cek terhadap data, jika ada data yang sama akan dibuang atau dikecualikan.
  • Verifikasi: melakukan verifikasi terhadap data yang tidak digunakan, yang nantinya dihapus dan data anomali akan ditandai.
  • Pengurutan: Mengatur data menurut jenisnya.
  • Tugas lainnya yaitu merupakan aturan tambahan yang dapat meningkatkan kualitas data.
    1. Langkah 3: Loading / Memuat Data

Loading adalah proses terakhir dalam ETL. Loading yaitu memuat data yang sudah diubah ke tujuan baru. Data tersebut dapat dimuat sekaligus (full load) atau interval terjadwal (incremental load).

  • Full Loading ETL, yaitu semua yang berasal dari transformasi menjadi catatan baru dan unik di warehouse. Full load berguna untuk menghasilkan kumpulan data yang tumbuh secara eksponensial dan sulit untuk diatur.
  • Incremental Loading yaitu sebenarnya sebuah metode yang kurang komprehensif, tetapi lebih mudah untuk dikelola. Incremental loading membandingkan data yang masuk dengan data yang sudah ada dan hanya akan menghasilkan data tambahan jika ditemukan data yang unik dan baru.

(sumber: https://www.ekrut.com/media/etl-adalah)

Adapun teknologi atau produk yang Dasa gunakan dalam layanan ETL ini yaitu Pentaho Data Integration, Oracle data Integration, dan Talend.

  • Business Intelligence (BI)

Business Intelligence (BI) mengacu pada alat, teknologi, aplikasi, dan praktik yang digunakan untuk mengumpulkan, mengintegrasikan, menganalisis, serta menyajikan data mentah suatu organisasi untuk menciptakan informasi bisnis yang mendalam dan dapat ditindaklanjuti.

Fungsi umum Business Intelligence mencakup pengumpulan data, pelaporan, pemrosesan analisis online, analisis, pengumpulan data, proses pengumpulan, pemrosesan data yang kompleks, manajemen kinerja bisnis, tolok ukur kinerja, pengumpulan teks, analisis prediktif dan analisis preskriptif.

Adapun manfaat dari Business Intelligence meliputi:

  • Mempercepat dan memperbaiki pengambilan keputusan
  • Mengoptimalkan proses bisnis internal
  • Meningkatkan efisiensi operasional
  • Menghasilkan pendapatan baru
  • Mendapatkan keunggulan kompetitif dibanding pesaing bisnis
  • Mengidentifikasi pasar
  • Mampu melihat masalah bisnis yang perlu diatasi

(sumber: https://isokonsultindo.com/business-intelligence)

Selain itu, business intelligence salah satu manfaat yang dihadirkan yaitu dapat melakukan visualisasi data dari data warehouse atau big data yang ditampilkan dalam bentuk dashboard.

  • Reporting & Data Analytics

Data analytics merupakan proses inspeksi serangkaian data yang berguna untuk mendapatkan kesimpulan dari informasi yang ada dan meningkatkan sistem pada perangkat lunak. 

Secara istilah, data analytics diartikan sebagai rangkaian aplikasi mulai dari Basic Business Intelligence (BI), Reporting and Online Analytical Processing (OLAP) dan beberapa fitur analytic yang lebih canggih. Berdasarkan istilah tersebut, Data Analytics (DA) dapat diartikan sebagai proses sederhana bisnis analytics.

Terdapat empat jenis analytics yang utama, yaitu descriptive, diagnostic, predictive dan prescriptive.

Empat jenis analytics ini biasanya diterapkan secara bertahap dan tidak ada jenis yang dikatakan lebih baik dari yang lain. Masing-masing jenis saling berkaitan satu sama lain. Berikut merupakan penjelasan lebih lanjut dari empat jenis data analytics.

  1. Descriptive Analytics
    Descriptive analytics berfokus kepada hal yang telah terjadi. Analytics ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan “Apa yang terjadi?”. Dengan descriptive analytics, maka data historis akan diolah untuk mendapatkan hindsight.
  2. Diagnostic Analytics
    Analytics ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan “Mengapa hal itu terjadi?”. Diagnostic analytics mencari akar penyebab dari suatu masalah. Jenis analytics ini digunakan untuk menentukan mengapa sesuatu dapat terjadi. Biasanya diagnostic analytics dilakukan dengan menggunakan teknik seperti data discovery, drill-down, data mining, dan korelasi.
  3. Predictive Analytics
    Analytics ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan “Apa yang mungkin terjadi?”, dengan menggunakan data masa lalu untuk memprediksi masa depan. Jenis ini berkaitan tentang perkiraan.
  4. Prescriptive Analytics
    Analytics ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan “Apa yang harus dilakukan?”, yaitu untuk menemukan tindakan yang tepat untuk diambil. Jenis analytics ini merupakan yang paling akhir dan yang paling kompleks, karena dari hasil prosesnya akan merumuskan dan menyarankan tindakan yang tepat untuk diambil untuk mencapai hasil tertentu

(sumber: https://www.pointstar.co.id/blog/apa-itu-data-analytics/)

Pada reporting & data analytics, suatu laporan diproses melalui ETL lalu ditampilkan melalui tools BI yang mana data tersebut menjadi report yang dibutuhkan oleh analyst. Report tersebut bisa di export ke excel atau ditampilkan dalam bentuk dashboard

Untuk service Business Intelligence (BI), reporting, dan data analytics yang Dasa provide, technology atau product yang digunakan yaitu Oracle BI, Power BI, dan Tableau

Service

  • ETL (Extract Transform Load) : terdapat data di excel, lalu ditransformasi/dipindahkan, lalu dipindahkan ke database
  • BI (Business Intelligence): Visualisasi data dari data warehouse atau big data yang ditampilkan dalam bentuk dashboard
  • Reporting & data analytics: Suatu laporan diproses melalui ETL, lalu ditampilkan melalui tools BI yang mana data tersebut menjadi report yang dibutuhkan oleh analyst. (bisa di export ke excel atau ditampilkan dalam bentuk dashboard)
Contact Us

    Technology

    ETL

    Pentaho

    Oracle Data Integrator

    Talend

    Business Intelligence (BI) & Reporting data analytics:

    Oracle Business Intelligence

    Power BI

    Tableau

    Our Offering

    Database Solution

    With our professional and certified  engineer, we can deliver trusted implementation, development and maintenance database solution.

    Data Integration Solutions

    For now a day, there is no  technology without connection  and integration each other

    Big Data Solutions

    This is our journey to give moresolution  for Big Data Implementation experience.

    System Integrator & IT Consultant

    Have a problem with what  you want to build or need on information technology? We can give you solutions.